Pengayaan Bahasa LPDP di UGM 2020

Bulan Maret ini saya memulai perjalanan baru.

Setelah sejak Bulan Juli 2019 sampai Februari 2020 saya bekerja secara full-time di DTECH-ENGINEERING, akhirnya sekarang Maret 2020 ada yang berbeda.

Saya menjalani Program Pengayaan Bahasa (PB) dari Beasiswa LPDP selama 3 bulan di UGM (Universitas Gadjah Mada).

Kesempatan yang langka tentunya, karena saya bisa mendapatkan alokasi waktu khusus untuk belajar bahasa inggris dan kesempatan untuk mendapatkan sudut pandang baru dan juga uang bulanan tambahan dari LPDP.

Sejak pertama kali sampai di UGM, saya merasakan suasana yang berbeda.

Pertama, UGM ternyata jauh lebih besar daripada UNDIP.

Saking besarnya, saat pertama mencari lokasi pelatihannya saya sampai harus berputar-putar—dan sampai sekarang pun saya masih bingung dengan peta UGM.

Kedua, pola hidup yang berbeda.

Sebelumnya, saat bekerja sebagai fisikawan rutinitas hidup saya adalah bangun pagi, masuk kerja jam 8, selesai jam 4, dan tinggal di kamar tidur bersama—dengan suasana latar orang-orang yang masih terus bekerja.

Sementara sekarang ini… ya sama sih. Masuk jam 8.00 pagi, dan selesai jam 14.30 siang (oke, ini beda).

Bedanya, suasananya jauh lebih santai. Tidak ada tekanan ekstra dari luar (yang ada hanya dari dalam diri saya sendiri) dan saya tidur di kamar sendiri tanpa dikelilingi oleh banyak orang yang terus bekerja.

Tentu kondisi ini memang telah didesain sedemikian rupa agar saya bisa fokus untuk belajar bahasa inggris.

Dan memang demikianlah harapan saya.

Saya akan berusaha memaksimalkan waktu 3 bulan ini untuk benar-benar memperdalam bahasa inggris.

Bukan hanya sekedar skor IELTS yang tinggi, tapi benar-benar menguasai bahasa inggris untuk jadi bekal ketika nanti saya belajar di Inggris.

Di waktu luang, saya masih secara remote membantu beberapa pekerjaan di DTECH-ENGINEERING. Sekalian untuk mengisi waktu agar tidak luang-luang banget hidup saya di sini, karena waktu yang terlalu luang justru membuat saya tidak produktif.

Author: Fajrul

Amateur physicist and science writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *